Keterbatasan Fisik Bukan Alasan untuk Berhenti Berkarya

291 views

Kendati memiliki keterbatasan fisik, tidak menjadikan alasan bagi Muhammad Amanatullah untuk berhenti berkarya. Pria asal Gresik ini lihai memainkan kuas di atas kanvas untuk menghasilkan lukisan yang menarik dipandang mata.

Pria yang akrab disapa Aam ini menceritakan suka dukanya dalam menekuni seni lukis.

“Awal kisah saya bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Sebelumnya sempat tidak diterima di salah satu sekolah, karena keterbatasan fisik saya. Di Sekolah, saya mengikuti lomba menggambar dan mewarnai, Alhamdulillah juara dua,” katanya, Kamis (07/01/2021).

Dari prestasi tersebut, orang tua Aam melihat ada bakat yang dimiliki oleh anaknya. Karena dukungan orang tuanya, Aam meningkatkan kemampuan melukisnya dengan mengikuti kursus.

“Orang tua saya mendukung bakat ini dan mengikutkan saya kursus untuk meningkatkan kemampuan,” terangnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, karya lukis Aam mulai mendapat perhatian banyak orang dengan menjadi narasumber di berbagai televisi.

“Saya sering diundang di acara TV, seperti Anak Negeri, Hitam Putih, Kick Andy, Sosok, Survival, dan Talkshow Dialog Titik Tengah Metro TV,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, di tahun 2016 Aam mendapatkan sejumlah pencapaian lain sebagai hasil dari kerja kerasnya dalam melukis.

“Tahun 2016 saya dikenalkan untuk bisa bergabung di AMFPA (Association of Mouth and Foot Painting Artist). Di Indonesia hanya 9 orang termasuk saya yang bergabung di asosiasi ini. Pada tahun itu, saya juga mendapatkan beasiswa di Universitas Muhammadiyah Gresik,” jelasnya.

Keberhasilan Aam ini juga mendapatkan perhatian khusus dari Ahmad Athoillah, Anggota DPRD Jawa Timur. Dirinya sangat mengapresiasi kreativitas dan keahlian Aam dalam melukis hingga level internasional.

“Saya sangat mengapresiasi keahlian Aam. Karena meskipun difabel, tidak menjadi hambatan bagi Aam untuk berkarya hingga level internasional,” ujar Founder Gerakan Santri Milenial.

Pria yang akrab disapa Mas Atho’ juga berpesan, bahwa dalam mengerjakan sesuatu harus mengedepankan rasa ikhlas serta hindari putus asa.

“Ikhlas dan Jangan putus asa itu kuncinya,” pungkas politisi muda asal Jombang ini.


Comments

Leave a Reply