Jika Dua Tugas Malaikat Jibril ini Sudah Terjadi, Kiamat akan Segera Tiba

658 views

Dalam pelajaran ilmu tauhid, tentu kita sudah belajar mengenai tugas-tugas dari para malaikat, di antaranya tugas malaikat Jibril, yaitu menyampaikan wahyu. Lantas setelah wafatnya Rasulullah, apakah malaikat Jibril menganggur begitu aja, tanpa ada tugas apapun, karena tugas menyampaikan wahyu sudah selesai?

Oh tidak, setelah wafatnya Rasulullah, di alam dunia malaikat Jibril masih memiliki sepuluh tugas. Dari sepuluh tugas tersebut, jika sudah dilaksanakan semua, maka tinggal menunggu kiamat, artinya kiamat akan segera tiba. Apa itu sepuluh tugasnya?

Dalam suatu kesempatan KH. Ahmad Arwan Kudus menjelaskan, tentang sepuluh tugas dari malaikat Jibril setelah wafatnya Rasulullah.

Pertama, menghilangkan berkahnya bumi.

Kedua, menghilangkan semua rasa malu pada kaum perempuan.

Ketiga, menghilangkan rasa kasih sayang pada manusia terhadap sesama.

Keempat, menghilangkan rasa kasih sayang pada manusia kepada saudaranya sendiri, artinya antar saudara sendiri tidak akur.

Kelima, menghilangkan sifat dermawan pada orang-orang kaya.

Keenam, menghilangkan sifat sabar pada orang-orang miskin.

Ketujuh, menghilangkan sifat zuhud pada para ulama’.

Kedelapan, menghilangkan keadilan.

Kesembilan, menghilangkan Al-Qur’an dari muka bumi.

Kesepuluh, menghilangkan iman pada semua manusia di dunia.

Dari kesepuluh tugas malaikat Jibril tersebut, saat ini tinggal dua tugas yang belum terjadi, yakni menghilangkan Al-Qur’an dan menghilangkan iman pada semua manusia di dunia, sedangkan selain kedua tersebut, yakni sebanyak delapan tugas telah terjadi pada zaman sekarang.

Oleh karena itu, Kiai Arwan Kudus memperingatkan kita semua untuk terus melakukan kebaikan, dan jangan pernah merasa santai tidak mencari bekal untuk kebutuhan akhirat kelak.

Tugasipun kurang 2 sak rasan, nopo sampean sedoyo taseh nyonta-nyantai ora gelem luru sangu seng akeh kanggo neng akhiratmu? Mboheman nang! Nyadaro, sholate dibenerke, ngajine disregepke, sangune kanggo akhirat diakehno, tirakatane dikencengi, akehno sabar, ojo ngersulo wae uripmu,” pesan Kiai Arwan dalam bahasa Jawa.

Maksutnya begini dalam bahasa Indonesia, tugasnya malaikat Jibril itu kurang dua saja, apa kalian semua masih sontai-santai tidak mau mencari bekal yang banyak untuk akhirat? Sungguh sangat miris dan sungguh sangat rugi. Sadarlah, sholatnya dibenarkan, ngajinya digiatkan, bekal untuk akhirat diperbanyak, tirakatnya dikencangkan, perbanyaklah sabar, jangan banyak mengeluh saja hidup ini. Intinya, mari kita selalu tingkatkan dan perbanyak melakukan kebaikan sebagai bekal untuk kehidupan di akhirat kelak.


Comments

Leave a Reply