Festival Ramadlan Jombang Kembangkan UMKM Masyarakat

165 views
Festival Ramadlan Jombang

Jombang, Gerakan Santri Milenial

Salah satu pegiat sosial media terbesar di Kabupaten Jombang yakni Info Jombang menggelar acara Festival Ramadlan Jombang yang dirangkai dalam kegiatan bazar, live music dan talkshow. Acara yang dihadiri oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se Kabupaten Jombang ini dilaksanakan di Omah Cangrok Sehat Tentrem yang beralamat di Jl Jakgung Suprapto No 11 Jombang pada tanggal 7-8 Mei 2021.

Pagelaran acara berlangsung meriah karena juga dibuat sarana sillaturahim para pegiat UMKM untuk saling sharing pengalaman di masa pandemi covid 19. Salah satu pelaku UMKM mengaku senang dengan terselenggaranya acara ini, serta mengucapkan terima kasih kepada Info Jombang dan semua pihak yang terlibat dalam suksesnya acara ini.

“Sambil pilih-pilih produk UMKM yang banyak diskon, asyiknya itu juga sambil mendengarkan live musik dari 3 Crazy dan Jcorn. Kita semua rindu dengan acara seperti ini,” ungkap Ismail salah satu pengunjung Festival Ramadlan Jombang saat ditemui media.

Selain bazar dan live music, acara talkshow juga yang dinantikan. Talkshow ini dihadiri oleh Ahmad Athoillah, Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur dan Ibu Wiwin Sumrambah yang merupakan Ketua Dekranasda Kabupaten Jombang yang dipandu oleh moderator dari Info Jombang, Hakam Amrullah.

Dalam paparannya, Ibu Wiwin Sumrambah mengatakan bahwa kendala yang selama ini dialami oleh para pegiat UMKM di Jombang karena kurang berhimpun.

“Semisal berhimpun pasti akan sering berdiskusi dan cepat mendapatkan informasi. Kita juga sudah didukung dengan teknologi yang maju, yang semestinya pemuda pasti sedikit lebih mudah untuk mengembangkan inovasi,” katanya.

Disambung oleh Ahmad Athoillah, menurutnya ada banyak fasilitas program dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang berkaitan dengan UMKM.

“Kalau Kabupaten Jombang ikut Bakorwil Bojonegoro. Itu bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan untuk memperbarui Inovasi,” ungkap pria yang akrab disapa Mas Atho’ itu.

Selain itu, Pemprov jawa Timur juga memfasilitasi dengan adanya dana bergulir untuk pegiat UMKM yang ingin mengembangkan usahanya.

“Pemprov Jatim juga mendukung di tahun 2021 ini, ada dana KUR dari Bank Jatim untuk mendukung pola dan perkembangan usaha dari pegiat UMKM,” sambung Anggota DPRD Jawa Timur Daerah Pilihan Jombang dan Mojokerto.

Founder Gerakan Santri Milenial ini pun sepakat dengan perkataan Ibu Wiwin, bahwa semua stakeholder harus sering berhimpun untuk sharing keberhasilan dan keluhan dari masing-masing jenis usaha.

“Dengan seperti itu, kita pasti akan banyak menemukan banyak Inovasi dan menciptakan first principle thinking,” tambahnya.

Menurut Mas Atho’ yang terpenting adalah saling membantu dan sering berkoordinasi. Selain itu, teman-teman yang aktif di sosial media juga harus berkontribusi untuk membantu pemasaran produk UMKM di Jombang.

“Kalau Jombang sudah terkenal dengan produk UMKM, saya yakin apapun yang ada di Kabupaten Jombang, seperti wisata, budaya dan lain sebagainya akan cepat dikenal publik. Itu merupakan salah satu bentuk rasa cinta kita terhadap tanah kelahiran yakni Kabupaten Jombang,” pungkas politisi asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) itu.


Comments

Leave a Reply