Di Ujung Sana Terdapat Orang yang Selalu Mendoakan

459 views
Ilustrasi

Kita harus yakin, di ujung dunia sana, terdapat hamba Allah yang selalu mendoakan kita, meskipun kita tak kenal dan tak pernah bertemu dengannya. Kita semua juga pasti punya seseorang dari jauh dan belakang yang selalu mendoakan kita. Banyak orang yang tak kenal dan tak pernah bertemu, namun selalu tersambung di dalam doa. Kita sebagai umat Islam tentu biasanya berdoa untuk keselamatan dan kebaikan seluruh umat Islam khususnya, dan umumnya untuk umat manusia, doa yang biasanya kita lantunkan seperti,

“Allahumma sallim wa barik ummata Sayyidina Muhammad.”
Ya Allah selamatkanlah dan berkahilah kepada seluruh umat Nabi Muhammad

Kita harus yakin, bahwa di dalam setiap perjalanan kehidupan, kesuksesan dan kelancaran semua urusan kita pasti terdapat pertolongan doa dari orang lain, yang tentu kita tidak tau doa siapa yang telah menolong kita. Mungkin dari orang tua, guru, kyai, saudara, teman atau bisa jadi dari orang yang kita sendiri tidak mengenalnya, bahkan tidak pernah bertemu. Di belakang kita terdapat doa-doa yang selalu menguatkan dan melancarkan semua urusan kehidupan kita.

Tentu karena kita tidak tahu doa mana yang menolong kita, seyogyanya kita juga senantiasa membalas dengan mendoakan mereka yang telah menolong. Mendoakan orang lain adalah wujud kepedulian kepada sesama. Walaupun doa secara umum, namun bisa jadi itu sangat berguna bagi orang lain. Kita tidak pernah tau doa mana yang dikabulkan oleh-Nya. Kewajiban kita adalah hanya berdoa, berdoa dan berdoa. Jika kita berdoa untuk kebaikan orang lain, tidak lain doa itu sejatinya kembali ke diri kita sendiri.

Tidak ada ruginya dan tidak ada salahnya jika kita sering mendoakan orang lain, karena sejatinya kita sedang berdoa untuk kebaikan diri sendiri. Tentunya mendoakan orang lain adalah bernilai ibadah, pasti akan dibalas dengan pahala yang banyak. Jika kita tidak bisa membantu meringankan beban orang lain, setidaknya kita membantu dengan mendoakan. Kekuatan doa adalah senjata bagi umat Islam. Oleh karena itu, jangan sekali-kali meremehkan kekuatan doa. Tanpa bantuan doa, kita bukanlah apa-apa.

Dikutip dari buku Risalah Jiwa karya Saief (2013), ada doa bagus yang mungkin bisa kita coba, “ Ya Allah, aku tidak kenal semua hamba-Mu. Ampunilah semua orang yang kukenal dan tidak kukenal. Khususnya orang-orang yang pernah kulihat wajahnya dan kudengar suaranya. Banyak teman-teman dan saudara-saudaraku yang minta didoakan. Aku tidak tahu hajat mereka. Engkau lebih tahu. Apa pun hajat mereka, penuhilah ya Allah.” Dengan membaca tulisan ini sampai selesai itu artinya kita telah mendoakan orang lain. Mari menebar kebaikan dan energi positif dengan rajin berdoa untuk orang lain, sebagai wujud kepedulian kepada sesama. Khoirunnas, anfa’uhum linnas. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Wallahu ‘Alam.


Comments

Leave a Reply