Asosiasi Pendamping Desa Indonesia Jombang Gelar Peningkatan Kapasitas Kader

29 views
Peningkatan kapasitas kader desa

Jombang, Gerakan Santri Milenial

Hari Batik Nasional turut diperingati oleh Asosiasi Pendamping Desa Indonesia (APDI) Kabupaten Jombang, Sabtu (02/10/2021). APDI mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas kader desa dengan tema ‘Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Lokal dalam Konteks Undang-undang Desa’. Di dalam rangkaian acaranya ketua pelaksana Vinish Ibtala menjelaskan bahwa kegiatan itu untuk meningkatkan kapasitas kader desa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader desa dalam konteks undang-undang desa,” jelasnya.

Acara tersebut berlangsung khidmat dengan mengundang perwakilan pemuda seluruh kecamatan se-Kabupaten Jombang. Selain itu, turut hadir di tengah acara rombongan dari DPC PKB Jombang beserta Anggota F-PKB DPRD Jawa Timur, Ahmad Athoillah.

Dalam sambutannya ketua DPC PKB Jombang Hadi Atmaji mengungkapkan bahwa peran penting pemuda saat ini sudah ditunggu.

“Yang dinamakan pemuda itu harus bergerak, bergerak untuk membangun desa. Jika pemudanya diam, desa akan tergerus perkembangan zaman,” ujarnya.

Sebelum membuka acara, Anggota F-PKB DPRD Jawa Timur, Ahmad Athoillah mengatakan bahwa berbicara masalah desa, potensi besar yang ada di desa harus dikelola dengan professional.

“Desan memiliki potensi yang sangat besar, maka harud dikelola dengan baik,” katanya.

Pria yang juga Wakil Sekretaris DPW PKB Jawa Timur menambahkan bahwa kader desa harus menjawab itu semua dalam menumbuhkembangkan potensi desa.

“Kebetulan saya di Komisi B DPRD Jawa Timur yang bermitra kerja dengan Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan. Potensi apa pun yang ada di desa, ayo kita bangun bersama nanti saya bantu mengkomunikasikan dengan mitra kerja terkait. Ketika Desa sudah tumbuh, potensi perputaran ekonomi di desa pasti akan baik,” tambahnya.

Pria kelahiran Denanyar Jombang juga menyampaikan pesan dari Menteri PDDT, Abdul Halim Iskandar.

“Gus Menteri menitipkan perkembangan serta kemajuan desa kepada kita semua, peran pemudalah yang mudah memanfaatkan teknologi, cepat berinovasi, dan tanggap akan perkembangan zaman,” pungkasnya.


Comments

Leave a Reply